• Wed. Feb 21st, 2024

Website untuk Desain Web – Cara membuat situs web pribadi bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan karena bisa belajar langsung praktik, ditambah bila anda memang sudah minat dan ingin mengetahui cara desain dan membuat website sendiri dan pemrograman. Bila anda hanya baru bisa sedikit dari pengetahuan soal pengkodean atau desain web, tidak perlu takut dan malu untuk terus belajar sampai bisa bahkan menjadi ahli dibidangnnya. Saat ini sudah banyak sekali tempat penyedia atau bisa disebut dengan bootcamp untuk belajar dan platform untuk anda bisa belajar sendiri untuk bisa menumpahkan kreativitas anda kedalam pengembangan web.

Anda bisa menggunakan berbagai macam situs penyedia desain website yang sangat populer, baik yang berbayar dan tidak berbayar, untuk membantu anda dalam pembuatan dan pengembangan situs web anda sendiri.

1. WordPress

WordPress adalah sebuah platform untuk mendesain website dan pengembangan website atau bisa disebut dengan sistem manajemen blog dan konten (CMS) yang memungkinkan pembuatan situs web melalui database PHP/MySQL dari server anda. Sama seperi WIX, WordPress menyediakan fitur drag-and-drop dengan berbagai template untuk mempermudah pembuatan situs web bagi pengguna yang kurang paham tentang pemprograman. Selanjutnya, WordPress mempunyai fitur pengeditan teks WYSIWYG (What-You-See-Is-What-You-Get), permalink, dan cocok untuk digunakan SEO. Sistem manajemen blog dan konten (CMS) ini juga dapat melayani banyak penulis dan mempunyai dukungan yang sangat luas.

2.WIX

WIX ini memang bukan situs web yang dikhususkan untuk pemrograman, tapi tetap menjadi pilihan yang populer bagi para pengguna yang ingin membuat situs web karena kemudahan penggunaannya dan tampilan yang ramah untuk pengguna. Ini menjadi pilihan ideal bagi pengembang situs web pemula yang tidak mempunyai ilmu dalam ilmu bahasa pemrograman.

WIX menawarkan berbagai fitur,termasuk WIX Turbo yang meningkatkan kinerja situs web anda, serta berbagai template yang lengkap untuk memudahkan pengguna mendesain situs web dengan cepat, Proses yang sederhana yang dimana menggunakan mekanisme drag-and-drop, serta menyediakan fitur pengeditan dialamnya untuk menyesuaikan apa yang kita inginkan seperti ukuran , gambar, animasi, latar belakang, tombol dan lain-lain yang bisa disesuaikan,

3. Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver merupakan aplikasi yang sangat ternama karena tidak perlu pengetahuan dalam bahasa pemrograman dan tidak harus mempunyai pengalaman dalam menggunakan adobe dreamweaver. Aplikasi yang disediakan oleh adobe ini termasuk kedalam adobe kelas menengan dan harus berlangganan sebesar $31 per bulannya.

Dengan menggunakan HTML dan Proses pengedian visual, Adobe Dreamweaver memungkinkan pengguna untuk daftar slot membangun situs web dengan mudah dan cepat. Selanjutnya aplikasi ini juga bisa mendukung pembuatan desain web yang responsif dan menyediakan framework chrome serta pengeditan kode dari berbagai sumber secara langsung. Tetapi, Pengguna diharapka mempunyai dan paham tentang dasar dari bahasa pemrograman, seperti HTML dan CSS.

Yang dimana itu diperlukan guna untuk mengoptimalkan pengalaman anda menggunakan adobe dreamweaver, diperlukannya pemahaman tentang bahasa pemrograman agar tidak hanya drag-and-drop saja. Agar bisa mendesain situs website anda jauh lebih spesifik dan optimal dalam menjalankan dan tampilan sesuai dengan keinginan anda.

4. Bootstrap

Bootstap adalah sebuah framework yang disediakan untuk bahasa pemrograman CSS agar bisa mendesain dengan lebih optimal dan bisa menyesuaikan keingan kita atau klien dengan tersedianya bootstrap ini bisa membantu para programer dalam mendesain tampilan pada halaman website yang ingin dikerjakan agar lebih responsif dan terlihat nyaman saat dilihat. Agar semua pengguna gadget atau perangkat smartphone, tablet dan desktop dapat melihat tampilan dari sebuah situs website itu sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh yang melihat situs website yang kita buat..Bootstrap ini juga tersedia secara gratis atau bisa membayar jika ingin menggunakan lebih banyak fitur dalam bootstrap.

Selanjutnya, Bootstrap juga menyediakan berbagai macam elemen antarmuka  pengguna atua User Interface bersamaan dengan bahasa pemrograman HTML, CSS dan template JavaSvript. Elemen ini termasuk dengan tombol, tipografi, navigasi, dan elemen-elemen web lainnya. Dengan banyaknya variasi template gratis dan pilihan kustomisasi yang disediakan, Bootstrap memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam membangun tampilan halaman web yang menarik dan sesuai kebutuhan.

5. Webflow

Webflow sebuah situs penyedia untuk mendesain website yang menyesdiakan berbagai fitu didalamnya untuk memfasilitasi perancangan, pembuatan, dan peluncuran situs website agar terlihat responsif. Dengan menggunkan kode terlihat rapih, webflow menawarkan fitur yang sangat lengkap sama seperti adobe photoshop dalam banyak hal. Pengguna dapat menggunakan fitur drag-and-drop untuk menempatkan elemen HTML ke halaman, meskipun mungkin terlihat tidak mudah untuk pengguna baru karena fitur tersebut mempunya cangkupan yang sangat luas.

Webflow lebih cocok bagi pengembang dari pada desainer karena diformat dengan cara yang lebih kompatibel dengen pengembang, Sebagai contoh, pengaturan posisi elemen ke halaman bisa menjadi  rumit, karena pengguna diharuskan untuk membuat elemen seperti <section> dan <div>, serta mendefinisikan kelas CSS.