• Wed. Feb 21st, 2024

Aplikasi Kerja Remote – Bekerja dari jarak jauh atau biasa disebut dengan remote working mempunyai keuntungan. Sistem kerja ini memungkinkan karyawan untuk tidak hadir ke kantor dan bisa bekerja dari rumah. Terutama dalam situasi pada saat pandemi Covid-19, Work Form Home (WFH) menjadi sangat relevan dan sangat mendukung sistem kerja ini, karena dengan begitu aplikasi kerja remote menjadi penting.

Ada salah satu aplikasi yang terbaik untuk WFH adalah Dokodemo-kerja. Dalam sistem kerja konvensional, absensi kehadiran biasanya dilakukan dengan menggunakan fingerprint, kartu hadir, dan lain-lain. Tetapi, ketika pekerjaan dilakukan dengan langsung remote , peran aplikasi remote working seperti dokodemo-kerja yang menjadi sangat penting dan membantu.

Manfaat Menggunakan Sistem Kerja Remote

Sebelum membahas aplikasi remote working ini, penting untuk melihat manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote:

1. Penghemetan Biaya

Penerapan sistem kerja remote dapat memberikan manfaat penghematan biaya bagi perusahaan maupun karyawan. Karyawan dapat mengurangi biaya transportasi karena tidak harus mengeluarkan dan menggunakan kendaraan bermotor atau menggunakan kendaraan umum untuk kekanto setiap harinya.Di sisi lain, perusahaan juga dapat mengehemat pengeluaran untuk listrik, air dan fasilitas kantor yang menggunakan sumber daya dan harus membayar, pada saat WFH tentunya biaya operasional kantor akan menjadi lebih murah dan tentunya tidak akan merugikan kantor.

2.Mengurangi Tingkat Pergantian Karyawan

Salah satu alasan tingginya tingkat pergantian karyawan atau pemecatan karyawan adalah ketidaknyamanan dalam lingkungan kantor atua kerja, seperti waktu kerja yang kaku dan ruang kerja yang tidak nyaman. Dengan sistem kerja WFH ini tentunya karyawan yang merasa kurang nyaman akan merasa nyaman karena bekerja tanpa harus ke kantor dan mempunya fleksibilitas untuk  bekerja selain dirumah, bisa saja di tempat kopi atau taman. Hal ini tentunya dapat membuat karyawan puas pasti dan mengurangi niatnya untuk berpindah pekerjaan.

3. Peninggkatan Produktivitas

Penelitian menunjukkan bahwa yang bekerja secara remote ,condong mempunyai tingkat produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kerja dikantor. Hal ini dapat dijelaskan beberapa faktor, termasuk tidak adanya waktu yang terbuang dalam perjalanan menuju kantor dan lingkungan kerja yang lebih nyaman sesuai preferensi masing-masing karyawan. Dengan demikian, karyawan dapat lebih fokus dan efisien dalam menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaan mereka.

Secara garis besar, menganut sistem kerja remote daftar slot dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan, seperti penghematan biaya, mengurangi tingkat pergantian karyawan, dan peningkatan produktivitas karyawan. Dengan memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk bekerja dari lokasi yang mereka pilih, perusahaan dapat menciptakan lingkungan lokasi yang mereka pilih, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih menyenangkan dan mendukung kinerja optimal karyawan.

Mengenal Aplikasi Dokodemo-Kerja untuk Kerja Jarak Jauh
Setelah dijelaskan diatas dan dipahami apa maksud dari kerja remote itu apa, sekarang kita bisa tinggal mengaplikasikannya dan memantaunya menggunakan aplikasi Dokodemo-Kerja yang dimana berfungsi sebagai pemantau absensi karyawan dan membuat kerja remote working menjadi lebih optimal.

Fungsi dan Keuntungan Dokodemo-Kerja

1. Memantau Kehadiran atau absensin Karyawan

Walaupun bekerja secara WFH atau kerja diluar lokasi kantor, tentunya karyawan yang bekerja harus tetap melakukan yang namanya absensi secara online sebagai penanda bahwa karyawan siap untuk menjalankan pekerjannya yang telah diberkan. Dokodemo-Kerja memberikan kemudahan untuk karyawan melakukan absensi yang hanya dengan login kedalam aplikasi karyawan sudah termasuk kedalam absen.

2. Memantau Aktivitas Layar Karyawan

Tanpa pengawasan langsung, ada kemungkinan bahwa karyawan akan mengabaikan tugas dan kurang fokus saat bekerja. Oleh karena itu, Dokodemo-kerja menyediakan fitur untuk memantau aktivitas layar karyawan. Sistem ini secara acak akan mengambil screenshot layar karyawan, untuk memastikan mereka tetap fokus dalam melakukan pekerjaan. Keunggulan lainnya adalah bahwa besar yang diambil memiliki kualitas renda, sehingga privasi karyawan tetap terjaga.

3. Memantau Waktu Istirahat

Fungsi lain dari aplikasi ini adalah untuk mengawasi waktu istirahat para karyawan. Meskipun bekerja dari rumah, tentunya karyawan masih butuh dan perlu waktu untuk istirahat melepas penat dan kembali siap bekerja. Perusahaan dapat menentukan betas waktu istirahat karyawan dan memantau penerapannya untuk mengantisipasi jika ada karyawan yang beristirahat melewati batas waktu yang ditentukan.