• Thu. Jun 20th, 2024

Tahapan Pembuatan Aplikasi Berbasis Web – Dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web, solusi yang sangat direkomendasikan adalah menggunakan jasa digital marketing. Terutama apabila anda tidak mempunyai keahlian khusus dalam pengembangan perangkat lunak berbasis web atau online. Penggunaan aplikasi berbasis web terus megalami peningkatan yang sangat cepat dalam beberapa tahun belakang ini. Menandakan perkembangan dan peningkatan kualitas hidup manusia. Pertanda ini menjadi bukti bahwa jaman digital telah menyebar ke segala bagian dalam kehidupan masyarakat.

Seiring perkembangan tersebut, aplikasi yang dahulu hanya dikenal dan digunakan oleh sedikit orang, saat ini telah menjadi banyak penggunanya. Khususnya karena hadirnya aplikasi web yang dapat diakses dan digunakan secara global. Keunggulan dari sebuah aplikasi ini terletak pada kemampuannya untuk terhubung dengan siapa saja yang terkoneksi ke jaringan internet.

Jenis aplikasi berbasis web ini mempunyai jenis yang bervariasi yang digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti marketplace online, sistem informasi akademik, dan berbagai fungsi lainnya. Tujuan dari semua jenis aplikasi adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Tetapi, dibalik berbagai macam aplikasi web tersebut, proses pembuatannya melibatkan beberapa daftar slot tahapan yang kompleks. Pemahaman mengenai tahapan-tahapan ini tentunya akan membantu menjawab pertanyaan mengapa jasa digital marketing memasang harga yang tinggi dalam pembuatan jasa aplikasi web atau mobile. Dibawah ini ada beberapa penjelasan tahapan pembuatan aplikasi berbasis web:

1. Perencanaan:
Tahapan pertama untuk membangun sebuah aplikasi secara menyeluruh. Tim pengembang dan pihak terkait akan mendefinisikan tujuan aplikasi, fungsionalitas yang dibutuhkan, dan target pengguna. rencana ini juga akan mencakup pemilihan teknologi yang tepat guna untuk pengembangan aplikasi.

2. Analisis:
Pada tahap ini, tim pengembang akan menganalisis kebutuhan aplikasi secara rinci. Mereka akan berinteraksi dengan klien atau pengguna potensial untuk memahami persyaratan fungsional dan non-fungsional aplikasi, seperti fitur, tampilan antarmuka dan keamanan.

3. Desain:
Setelah persyaratan dikumpulkan, tim pengembang akan langsung merancang arsitektur aplikasi dan tampilan antar muka. Desain ini terdiri dari pembuatan wireframe (kerangka aplikasi) dan mockup untuk memberikan gambaran visual tentang bagaimana aplikasi akan terlihat dan berfungsi.

4. Pengembangan:
Tahap ini melibatkan penerjemahan desain menjadi kode nyata. Tim pengembang akan bekerja untuk membangun aplikasi berbasis web, penerapan fitur-fitur yang diperlukan dan memastikan aplikasi berfungsi dengan baik.

5. Pengujian:
Setelah pengembangan selesai, aplikasi akan diuji secara menyeluruh guna memastikan kinerja dari aplikasi yang optimal dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengujian aplikasi ini terdiri dari pengujian fungsionalitas, keamanan, kinerja, dan kompabilitas lintas platform.

6. Penyediaan:
Setelahaplikasi berhasil diuji dan dinyatakan siap, tahap penyediaan dilakukan untuk mengunggah dan menginstall aplikasi diserver atau platform yang sesuai.

7.Pemeliharaan:
Setelah aplikasi berbasis web ini diluncurkan untuk publik, tentunya pemeliharaan dan dukugan teknis ini akan terus berlanjut dan untuk memastikan aplikasi tetap berjalan dengan baik dan melakukan perbaikan jika ada kesalahan atau biasa sering disebut BUG.

Ketika melihat kerumitan dan proses yang panjang dalam pembuatan aplikasi web, jasa digital marketing yang memasang harga tinggi mungkin terdiri dari biaya untuk seluruh tahapan ini, termasuk analisis, pengembangan, pengujian dan pemeliharaan agar aplikasi berfungsi secara optimal dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Proses pengembangan Aplikasi Web

Tahap Pengembangan merupakan fase genting dalam proses pembuatan aplikasi web. Biarpun begitu, tahap-tahap sebelumnya tetap penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Pada tahap pengembangan aplikasi ini, rancangan desain yang telah disusun oleh sistem analis bersama BPA akan mewujudkan menjadi sebuah aplikasi.