• Sun. Feb 25th, 2024

Quick Ratio – Dengan memahami kondisi dari pada perusahaan ,membuat keputusan yang lebih baik mengenai langkah-langkah selanjutnya seperti pengadaan barang atau merekrut karyawan baru. Salah satu variable umum yang digunakan untuk mengukur kondisi keuangan perusahaan adalah quick ratio. Quick ratio adalah indikator yang membantu meninjau kondisi keuangan sebuah perusahaan.

Quick ratio atau bisa disebut juga dengan rasio cepat memiliki kelebihan dalam menilai dan menganalisa kondisi keuangan sebuah perusahaan. Dapat menunjukkan apakah perusahaan ini memiliki aset yang dapat dengan cepat diubah menjadi uang tunai untuk memenuhi kebutuhan dan kewajiban jangka pendek atau tidak bisa.

Pengamat Pertama, quick ratio adalah rasio yang secara cepat dapat mengetest dan memberikan manfaat kepada perhitungan keuangan sebuah perusahaan atau kemampuan bisnis untuk membayar kewajiban jangka pendek menggunakan aset lancar, tanpa ada yang harus dipertimbangkan lagi bahwa barang itu masih ada stok atau tidak.

Pengamat Kedua, menjelaskan bahwa quick adalah istilah yang digunakan untuk memperhitungkan kemampuan bisnis yang ada pada perusahaan yang dimana apakah perusahaan dapat menjalankan kewajibannya slot untuk membayar utang jangka pendeknya itu.Dalam quick ratio hanya kas dan aset lain yang dapat dengan mudah untuk dirubah menjadi kas perhitungan. Ketersediaan yang dikecualikan karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengubahnya menjadi uang tunai.

Bila mana quick ratio menunjukan nilai yang lebih tinggi dari satu itu menunjukan bahwa aset lancar pada sebuah perusahaan ini telah dikurangi ketersediaannya dan kewajibannya lancar. Ini menunjukkan bahwa kemampuan sebuah perusahaan untuk menggunakan aset lancar mereka dalam membayar kewajiban lancar ,membuktikan bahwa perusahaan ini sangat tingi kekuatan keuangannya.

Sebaliknya, jika quick ratio itu kurang dari pada satu maka perusahaan dipastikan tidak dapat membayar kewajibannya yaitu melunasi utangnya dengan aset lancar.Dari sini sudah terlihat bahwa keuangan dari perusahaan ini kurang sehat dalam keuangannya. Quick  juga berfungsi untuk indikator likuiditas jangka pendek dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya.

Inti dari pada Quick  ini adalah quick digunakan untuk menghitung jumlah aset perusahaan yang dapat digunakan untuk melunasi kewajiban perusahaan, Aset ini meliputi piutang, persediaan, uang tunai, dab investasi jangka pendek. Quick adalah salah satu aspek yang digunakan untuk menganalisa kondisi keuangan sebuah perusahaan yang terlibat dalam kewajiban piutang. Quick  bukan semata-mata seperti alat yang mengerjakannya secara otomatis melain tetap menggunakan perhitungan dengan rumus yang sudah ada.

Didalam perhitungan quick perlu dipahami bahwa ada beberapa metode dalam meninjau dan memperhitungkan sebuah aset dari perusahaan, Dibawah ini ada beberapa metode dan penjelasannya :

1. Metode Analisis Intraperusahaan
metode ini menggunakan dan mengambil perbandingan dari rasio keuangan dalam perusahaan terkait yang sama, misalnya adalah hasil dari quick ratio dibandingkan dengan current ratio.

2. Metode Analisis Trend
Metode ini memerlukan pengamatan trend terhadap sebuah nilai dari rasio keuangan perusahaan selama periode waktu yang tidak ditentukan. Contoh analisis trend quick ratio selama lima tahun dari tahun 2018 sampai dengan 2023 atau periode lainnya pun bisa. Mungkin dengan metode analisa trend ini bisa memperbaiki kekurangan dan kesalahan pada waktu periode yang jelek itu jadi bisa diperbaiki dan bisa stabil kembali.

3. Metode Perbandingan Industri
Metode ini melibatkan perbandingan nilai dari ratio cepat dengan perhitugan rata-rata industri dalam satu wilayah manufaktur. Dengan menggunakan metode ini .dapat membandingkan quick ratio perusahaan dengan rata-rata industri untuk melihat sejauh mana peruisahaan berkinerja dalam hal likuiditas dibandingkan dengan pesaing industri yang sama.