• Thu. Jun 20th, 2024

Peningkatan Arus Balik dari Wilayah Yogyakarta – Di Solo, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta menyatakan bahwa jumlah penumpang kereta api dalam arus balik Lebaran 2023 yang meninggalkan wilayah tersebut kembali mengalami peningkatan pada hari Minggu (30/4).

Menurut Franoto Wibowo, juru bicara Daop 6 Yogyakarta, pada hari Senin (1/4), jumlah keberangkatan di wilayah tersebut mengalami penurunan setelah mencapai puncaknya pada arus balik tanggal 25 April 2023.

Pada puncak gelombang pertama arus balik H+3 Lebaran, jumlah keberangkatan di Daop 6 mencapai 25.739. Namun, pada tanggal 27 April, jumlah keberangkatan turun menjadi 21.624. Namun, dalam beberapa hari terakhir, jumlah keberangkatan kembali menunjukkan tren kenaikan.

Franoto mengungkapkan bahwa total keberangkatan dari 11 stasiun di wilayah mereka pada hari Minggu, 30 April, mencapai 22.954 penumpang.

Stasiun Yogyakarta mencatat jumlah keberangkatan tertinggi dengan 9.220 penumpang, diikuti oleh Stasiun Balapan Solo dengan 4.335 penumpang, dan Stasiun Lempuyangan dengan 3.471 penumpang. Sisanya, sebanyak 6.037 penumpang, tersebar di delapan stasiun lainnya.

Franoto menjelaskan bahwa sebagian besar penumpang memilih untuk berangkat ke arah Barat, mengingat tiket kereta api dari wilayah tersebut dengan tujuan Jawa Barat dan Jabodetabek sudah banyak terjual hingga tanggal 3 Mei.

Franoto juga menyatakan bahwa tiket kereta api dengan tujuan Jakarta dan Bandung telah habis dipesan. Namun, sebaliknya, tiket dengan relasi ke arah Timur masih tersedia dalam jumlah yang cukup banyak.

Franoto menyarankan kepada masyarakat untuk memanfaatkan ketersediaan tiket tersebut untuk melakukan perjalanan ke tujuan-tujuan favorit seperti Madiun, Jombang, Surabaya, atau Malang pada akhir libur Lebaran dan Hari Buruh ini.

Anda dapat memantau ketersediaan tiket secara real-time melalui aplikasi KAI Access dan situs web kai.id. Selain itu, masyarakat juga dapat memesan tiket melalui kedua platform tersebut serta melalui saluran resmi lainnya.

Franoto menjelaskan bahwa saat ini fasilitas e-boarding pass hanya dapat diperoleh jika pemesanan tiket dilakukan melalui KAI Access. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu mencetak tiket fisik, karena tiket secara digital sudah cukup.

Pada sisi lain, terjadi peningkatan jumlah kedatangan di wilayah Daop 6. Pada tanggal 30 April, jumlah penumpang yang datang mencapai 24.669 orang. Angka tersebut kemudian meningkat menjadi 20.095 orang pada tanggal 1 Mei pada pukul 05.00 WIB.

Franoto menyatakan bahwa angka tersebut kemungkinan akan terus meningkat hingga malam nanti.

Fran mengungkapkan bahwa Daop 6 Yogyakarta telah melakukan persiapan maksimal untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Tindakan rutin dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan di seluruh stasiun dan jalur kereta. Selain itu, upaya dilakukan agar semua fasilitas di stasiun dan kereta berfungsi dengan baik untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Fran menekankan bahwa kebersihan juga menjadi prioritas yang terus dijaga untuk memberikan pengalaman yang nyaman bagi pelanggan.