• Thu. Jun 20th, 2024

Penyakit Mematikan dari Nyamuk – Apakah kalian tahu bahwa nyamuk itu termasuk kedalam makhluk yang paling berbahaya didunia? World Healt Organization (WHO) memperhitungkan serangga ini adalah penyebab kematian manusia didunia sebanyak 725.ooo setiap tahun dan penyebab dari jutaan manusia didunia itu terkena penyakit yang ditularkan dari nyamuk. Oleh karena itu, bukan tanpa alasan layanan penyemprotan serangga seperti ETOS sangat berharga bagi masyarakat, terutama saat musim hujan.

ETOS adalah perusahaan yang beroperasi selama 30 tahun, berfokus pada membasmi sumber perkembang biakan nyamuk, menggunakan berbagai jenis perangkap, dan menyesuaikan metode penyemprotan sesuai dengan lokasi dan kondisi masalah hama.

Lalu, apa saja penyakit mematikan yang ditulaskan oleh nyamuk kepada manusia? dibawah ini adalah jawabannya.

1. Malaria

Perhitungan dan data statistik dari WHO ada sebanyak 725.000 kematian manusia yang disebabkan oleh nyamuk, 600.000 dari total seluruhnya terkena penyakit malaria. Dan lebih parah dari itu setiap tahunnya manusia didunia terhitung 200juta terjangkit penyakit malaria ini. Dari total keseluruhan dapat dilihat bahwa sangat tinggi sekali kasus penyakit malaria. Penyakit malaria ini disebabkan oleh parasit plasmodim yang dibawa oleh nyamuk Anopheles betina saat menggigit manusia.

2. Demam Berdarah

Penyakit yang sangat mematikan yang sama dan juga dari gigitan nyamuk ini adalah penyakit yang biasa terjadi didaerah tropis. Walaupun total kematian manusia tidak sebanyak penyakit malahria, tapi demam berdarah ini mempunyai perhitungan lebih dari 400 juta kasus setiap tahun yang menyebar dari 125 negara. Diperkirakan 40% populasi manusia didunia tinggal di wilayah yang berisiko terjangkit demam berdarah.

Pfizer menyampaikan bahwa seseorang dapat mengalami DB hingga 4x selama hidupnya. Gejala atau indikasi dari penyakit demam berdarah ini berbagai macam, dari tidak ada gejala sampai demam tinggi, ruam, sakit kepala parah, nyeri dibelakang mata, nyeri otot, dan nyeri sendi yang sangat sakit. Gabungan gejala yang menyakitkan ini sering menyebabkan demam berdarah disebut sebagai “demam patah tulang”. daftar slot Dalam kasus demam berdarah dengue (DBD), gejalanya bahkan dapat mencakup kebocoran pada pembuluh darah yang mengakibatkan pendarahan dari hidung, mulu dan gusi.

3. Chingkungunya

Sama seperti dua penyakit diatas yang disebabkan oleh nyamuk, sama-sama penyakit yang sering terjadi dan sangat umum di wilayah tropis. Penyakit ini disebarkan dan disebabkan dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti, yang juga dapat membawa virus penyakit demam berdarah. Karena hal ini gejala chingkungunya hampir dan bahkan sering sama seperti demam berdarah.

Kesamaan dari gejala ini menyebabkan seringkali terjadi kesalahan dalam mendiagnosis chingkungunya sebagai demam berdarah. Virus yang menyebabkan infeksi chingkungunya dapat mengakibatkan gangguan saraf seperti sindrom Guillain-Barré, meningoensefalitis, dan bahkan bisa sampai melumpuhkan saraf kranial bila tidak ditangani dengan cepat.

Setelah chingkungunya, masih terdapat penyakit lainnya yang juga berbahaya yang ditularkan oleh gigitan nyamuk, west nile virus, zika, dan virus demam kuning. Penting untuk selalu rutin mencerminkan area wilayah sekitaran rumah baik didalam maupun diluar rumah yang bisa saja menjadi tempat perkembang biakkan dari nyamuk. Jika tidak bisa dan sulit untuk melakukannya secara mandiri , anda bisa menghubungi layanan pembasmi nyamuk dan hama seperti ETOS untuk membantu membereskan masalah nyamuk dan hama dirumah anda atau lingkungan tempat kerja.

Tentunya apabila manusia yang terjangkit penyakit ini bisa jadi mematikan apabila telat dalam penangannya, untuk menghindari penyakit ini biasakan membersihkan tempat-tempat atau area yang lembab dan kotor dan selalu membersihkan area yang aliran airnya tenang, karena bisa menjadi tempat perkambangbiakan nyamuk tersebut.