• Fri. Jul 12th, 2024

Olahraga Bola Voli – Kamu tentu sudah familiar dengan permainan bola voli, bukan? Permainan ini melibatkan enam pemain dalam setiap tim dan meskipun tidak sepopuler sepak bola, olahraga ini cukup digemari di masyarakat kita. Permainan yang sudah ada sejak lama yang sudah sering diajarkan sewaktu disekolah atau sudah tau hanya saja belum pernah bermain secara baik dan benar. mungkin ini adalah petunjuk untuk bermain bola voli.

Cara memainkan bola voli adalah dengan mengayunkan tangan atau lengan untuk memukul bola dan melewatkannya diatas net yang terleetak pada tengah. Tujuan dari adanya bermain voli adalah mengarahkan bola ke lawan agar bola bisa terjatuh di wilayah pertahanan musuh. pertandingan ola voli ini melibatkan 2 tim yang saling berhadapan dalam usaha untuk memnangkan pertandingan. Setiap tim yang memikili permain yang baik dalam komunikasi dan koordinasi.

Permainan ini awalnya dikenal sebagai Mintonette dan ditujukan untuk orang tua. Namun, seiring berjalannya waktu, olahraga ini semakin populer di kalangan berbagai usia. Pada tahun 1896, saat digelarnya pertandingan slot pertama di acara internasional Young Men’s Christian Association (YMCA) Training School, permainan ini resmi dikenal dengan nama Volleyball (Bola Voli).

Dalam Bermain bola voli ada beberapa teknik yang harus bisa dikuasi oleh setiap pemain bola voli. Tidak boleh sembarangan dalam menggunakan teknik ini. Diantara teknik dasar yang harus dipahami adalah servis ,passing,blocking dan smash. Dibawah ini ada lah beberapa penjelasannya

  1. Servis
    Bagian paling awal yang dimana itu adalah untuk awal permainan bola voli. Teknik ini digunakan untuk memulai pertandingan bola voli dan ini bisa menjadi termasuk kedalam serangan juga apabila tim yang dihadapi tidak siap dan kaget. Maka dari itu perlunya kesiapan refleks dalam bermain bola voli apalagi didalam pertandingan.
  2. Passing
    Teknik ini bukan teknik sembarangan yang dimana ini sangat-sangat diperlukan karena permainan bola voli adalah permainan tim. Yang dimana apabila ada 1 orang dari tim menerima bola dia akan menahan dan memberikan bola itu kepada temannya yang siap untuk melangsungkan serangan ke hadapan musuh yang ada didepan. Teknik Passing ini sangat menjadi kunci yang dimana berfungsi sebagai menerima dan menahan serangan bola dari lawan.
  3. Blocking
    Blocking adalah upaya untuk mencegah serangan lawan dengan cara mencegat atau memblock bola yang akan datang dari arah lawan,block yang efektif adalah blocking yang dapat menghentikan bola dari serangan lawan dan memberikan bola kepada tim untuk melakukan serangan balik, dan untuk gerakan ini diperlukan kecepatan dan ketepatan reaski yang baik.
  4. Smash atau Serangan Keras
    Smash merupakan serangan yang sangat keras dan kuat dalam permainan bola voli. Pemain yang memiliki kekuatan tangan yang kuat bisa menggunakan teknik ini karena agar bisa menyesuaikan dengen kecepatan dan kuatnya laju bola voli dan tentunya agar mendapatkan poin yang sangat tinggi tentu teknik ini memerlukan pemain dengan lengan yang besar dan tenaga yang kuat serta sikap tubuh yang tepat.

Peralatan Permainan bola voli :

  1. Dalam permainan bola voli, bola merupakan alat yang sangat penting. Untuk memahami jenis bola yang digunakan dalam permainan ini, perlu diketahui bahwa bola voli umumnya terbuat dari dua jenis bahan, yaitu kulit dan karet. Bola voli tradisional biasanya terbuat dari kulit berkualitas tinggi yang dipilih secara khusus. Karenanya, tidak mengherankan bahwa bola voli tradisional dikenal karena kelembutannya dan keawetannya.
    FIVB menetapkan standar untuk bola voli yang mengharuskan bola memiliki bentuk bulat sempurna dan diameter antara 18-20 cm. Tekanan udara di dalam bola harus berada dalam rentang 4,26-4,61 hPa/psi. Dengan demikian, setelah dipompa, bola seharusnya memiliki berat sekitar 260-280 gram.
  2. Net Bola Voli
    Net dalam permainan bola voli memiliki fungsi sebagai pembatas antara dua tim. Net memainkan peran penting dalam menentukan tim yang mencetak skor, dan seringkali dijadikan parameter oleh wasit. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, berikut adalah spesifikasi net yang ditetapkan oleh FIVB:
  3. Lapangan Bola Voli
    Ukuran lapangan dari sebuah permainan bola voli adalah 9 m x 18 m. Area servis terletak 3 meter di belakang garis lapangan, sementara area serang berjarak 3 meter dari garis tengah. Lebar garis lapangan memiliki ukuran 5 cm.